Trik Agar Tata Ruang Simetris Tidak Terkesan Kaku dan Membosankan

Keseimbangan tata ruang merupakan bagian penting dalam sebuah desain interior ruangan. Jenis tata ruang yang digunakan, dapat mempengaruhi keputusan jenis furnitur atau dekorasi yang digunakan dalam interior ruangan tersebut. Maka dari itu, sebelum menentukan motif wallpaper apa yang hendak Anda cari dari agen jual wallpaper Korea, sebaiknya Anda menentukan jenis keseimbangan tata ruang terlebih dahulu.

Keseimbangan Simetris dan Asimetris

Ada beberapa jenis keseimbangan pada penataan desain interior ruangan. Dua yang dikenal dan banyak digunakan adalah tata ruang simetris dan tata ruang asimetris.

Keseimbangan tata ruang simteris yakni keseimbangan yang sama persis, sama rata di kedua bagian ruangan. Seandainya ruangan tersebut dibagi dua, maka kita akan mendapati baik sisi ruangan sebelah kiri atau kanan akan sama persis.

Keseimbangan tata ruang asimetris : Pada tata ruang asimetris, kedua bagian ruangan tidak sama persis. Namun demikian, kedua bagian ruangan saling menyeimbangkan satu sama lain. Sehingga walaupun tidak sama persis, ruangan masih tampak selaras dan seimbang, karena pada kedua bagian ruangan saling melengkapi agar tampak harmonis.

Keseimbangan simteris atau asimetris tercipta dari pemilihan furniture dan juga peletakannya pada ruangan. Demikian juga dengan pemilihan dan peletakan pada dekorasi ruangan. Termasuk di dalamnya pemilhan dan peletakan tirai, karpet atau motif wallpaper yang Anda beli dari agen jual wallpaper Korea.

Mengatasi Kesan Negatif Pada Tata Ruang Simetris

Tata ruang simetris merupakan salah satu keseimbangan yang disukai banyak orang. Hal itu dikarenakan tata ruang simetris menghadirkan keseimbangan yang sama pada kedua sisi, yang lebih menarik perhatian karena tidak berat sebelah. Selain itu, dengan tata ruang simetris, juga dapat memberikan kesan ruangan yang stabil,  tenang, elegan dan memberikan kesan megah dan glamor. Sehingga tata ruang simetris dapat menambah kesan prestisius.

Namun demikian, tata ruang simetris juga dapat menimbulkan kesan yang kurang menyenangkan. Seperti ruangan yang tampak kaku dan membosankan, juga terasa dingin dan stagnan. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesan negatif yang dapat ditimbulkan oleh tata ruang yang simetris, berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan.

Terapkan pola desain berbentuk bundar atau oval

Kesan kaku dan formal, dapat Anda minimalisir dengan menerapkan berbagai interior atau dekorasi dengan pola bentuk bundar atau oval. Hal ini dikarenakan pola bundar memberikan kesan fleksibel dan hangat. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak furniture dengan desain berbentuk kotak. Karena akan memberikan efek ruangan tampak semakin kaku.

Jika Anda memiliki lemari pajangan besar berbentuk kotak, Anda dapat menambahkan sebuah guci besar, lukisan atau cermin berbingkai oval untuk mengimbanginya. Tambahkan juga sofa empuk dengan bantalan besar untuk memberikan kesan fleksibel dan hangat.

Hindari dominasi warna hitam atau warna monoton

Warna hitam identik dengan segala sesuatu yang formal dan terencana. Agar ruangan simetris Anda tidak terasa dingin dan kaku, pilihlah warna-warna pastel atau warna cerah. Hindari juga penggunaan warna yang sama pada seluruh ruangan. Anda tidak perlu keluar biaya banyak untuk menciptakan ruangan simetris yang hangat. Dengan harga wallpaper Korea yang murah Anda bisa memilih beragam motif cantik yang manis dan ceria. Itu sudah cukup sesuai untuk menghangatkan suasana tata ruang simetris Anda.

Berikan sentuhan alam

Anda dapat menambahkan sebuah aquarium berisi ikan-ikan yang terus bergerak. Atau hiasan bunga di sudut-sudut ruang. Itu merupakan cara tepat untuk membuat tata ruang simetris Anda terasa lebih hangat dan terbuka. Penggunaan material furnitur yang masih mentah seperti pada interior rustic , juga dapat membantu membuat tata ruang simetris Anda terasa lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *