Tips Jitu Bersihkan Atap Rumah dari Lumut

Sebagai bagian paling penting dari sebuah rumah karena berfungsi sebagai pelindung utama, sudah selayaknya kalau atap dijaga kondisinya agar tetap bersih. Atap yang bersih tentu akan menghindarkan dari kebocoran, awet juga enak dipandang sehingga rumah pun akan senantiasa terlihat indah meski dari kejauhan.

Masalah yang paling sering dialami atap adalah bocor dan berlumut. Untuk memperbaiki atap bocor tentunya harus dilihat kerusakan yang terjadi, apakah karena genteng bergeser atau genteng pecah. Sedangkan jika karena lumut, segera bersihkan lumut agar atap tidak terlanjur rusak karena tertutup lumut tebal yang menyebabkan genteng menjadi lapuk.

Gunakan Cat Waterproof

Lumut sendiri suka tumbuh di tempat lembab. Salah satu cara untuk mencegah lumut berkembang di atap dan bagian rumah lainnya tentu saja dengan menggunakan memberikan lapisan cat waterproof. Anda dengan mudah bisa mendapatkan cat pelapis dinding wateproof dan pelapis anti bocor untuk atap di toko-toko cat dan toko bangunan terdekat. Jika Anda tidak bisa mengaplikasikannya sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa aplikator waterproofing yang banyak tersedia.

lumut di atap

Di negara tropis, menggunakan cat pelapis waterproof memang sangat disarankan karena jika sudah masuk musim pancaroba dan musim penghujan, intensitas hujan yang tinggi pasti akan membuat rumah menjadi lembab dalam waktu yang lama sehingga lumut sangat mudah tumbuh. Biasanya saat membangun rumah terutama untuk perumahan, perkantoran, dan bangunan komersial lainnya, kontraktor akan menyewa jasa aplikator waterproofing khusus, untuk mengaplikasikan lapisan waterproof di area bangunan yang memang wajib diberi lapisan waterproof.

Biasanya kontraktor waterproofing akan menggunakan cat pelapis khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan bangunan, misal untuk atap, dinding luar, dinding dalam, area kamar mandi, balkon dan sebagainya. Mereka dengan tepat bisa memilih dan mengaplikasikan lapisan anti bocor serta menghitung berapa cat yang dibutuhkan.

Baca juga: Hindari Cat Plafon Menggembung Dengan Tips Berikut Ini

Kontraktor waterproofing juga bisa memberikan saran dan cara merawat area rumah yang beresiko lembab dan rentan ditumbuhi lumut. Bahkan, mereka juga ada yang menyediakan jasa pembersihan bangunan dan atap dari lumut dan kotoran. Berkonsultasi dengan mereka sangat disarankan, sehingga rumah bisa senantiasa bersih dan bebas lumut dan jamur.

Tips Bersihkan Jamur dan Lumut

Untuk membersihkan atap dari lumut dan jamur, ada cara  jitu yang bisa dilakukan. Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu alat-alat yang diperlukan seperti kape scrap, amplas, tangga, kuas dan rol, sarung tangan, dan cat tembok jika dibutuhkan.

 

  1. Bersihkan atap dari jamur dan kotoran lain dengan memakai kape scrap dan amplas. Buat larutan anti jamur menggunakan campuran 2 sdm boraks, 62,5 ml cuka dan 500 air panas. Selain untuk membunuh jamur cairan ini juga bisa untuk menyegarkan udara dan mengurangi peluang tumbuhnya jamur kembali. Masukkan ke botol spray dan semprotkan cairan ini di bagian yang berjamur. Gosok dengan spons dan ulangi lagi menyemprotkan cairan hingga jamur bersih.
  2. Untuk membersihkan atap yang berlumut, ada 3 cara yang bisa digunakan, yakni dengan scrubbing yakni dengan menggosok lumut di atap ke arah bawah sehingga lumut mengelupas dan langsung jatuh ke bawah. Kemudian bisa menggunakan power washing atau air bertekanan yang bisa digunakan untuk atap yang rentan retak dan tidak kuat menahan beban berat tubuh. Gunakan mesin berkekuatan antara 1200 dan 2000 psi dengan arah menurun mengikuti pola genteng kemudian yang terakhir dengan menggunakan hidrogen peroksida yang dicampur air hangat. Masukkan dalam botol spray dan semprot lumut sedikit demi sedikit. Gunakan sikat untuk menggosok dengan gerakan memutar lalu bilas dengan air bersih menggunakan selang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *