Periode Paling Tepat Utuk Membersihkan Kawat Nyamuk

Hargabaranginterior.com – Kawat nyamuk adalah kawat yang digunakan untuk menangkal nyamuk, biasanya dipasang di jendela untuk menangkal nyamuk agar tidak masuk ke dalam ruangan. Kawat ini dalam pemasangannya tentu membutuhkan perawatan agar bersih dan tetap berfungsi dengan baik.

Membersihkan Kawat Nyamuk

Salah satu kotoran yang sering menempel pada kawat ini adalah debu, hal ini dikarenakan kawat ini memiliki banyak celah yang menguntungkan untuk dihinggapi debu. Kawat ini harus rutin dibersihkan agar tidak ada kotoran yang sampai membandel pada permukaan kawat.

Periode Membersihkan Kawat Nyamuk

Kawat nyamuk dalam membersihkannya tentu butuh periode tertentu yang konsisten agar tetap dalam keadaan bersih. Adapun periode yang digunakan untuk membersihkan kawat adalah dengan memperhitungkan intensitas debu yang masuk. Saat musim kemarau, debu yang berterbangan di jalanan sangat banyak, oleh karenanya Anda harus membersihkannya dengan intensitas yang cukup sering, misalnya satu minggu satu kali. Namun jika saat musim penghujan, karena jarangnya debu yang berterbangan, maka intensitas membersihkannya pun dapat dilakukan 1 bulan 1x. Selain faktor musim, Anda juga dapat menentukan periode membersihkan kawat dengan menggunakan acuan di mana kawat tersebut dipasang. Jika kawat tersebut dipasang jauh dari jalanan yang banyak debu, maka periodenya dapat dikurangi. Begitu pula sebaliknya.

Adapun cara untuk membersihkan kawat nyamuk antara lain:

  1. Umumnya kawat biasanya dilepaskan terlebih dahulu dari jendela. Baik itu jendelanya yang ikut dilepaskan atau hanya kawatnya saja
  2. Setelah dilepaskan, kawat dibawa ke tempat yang memungkinkan untuk dibersihkan di mana terdapat akses air lalu dibersihkan
  3. Untuk membersihkan kawat, Anda dapat menggunakan cairan amonia dicampur dengan air dengan perbandingan 3:1 yang akan membuat semua kotoran yang ada pada kawat hilang
  4. Cara mencuci kawatnya adalah dengan menyikat kawat hingga semua debu dirasa telah bersih. Setelah itu, kawat dibersihkanlah sisa-sisa debu yang menempel dengan spons yang lebih halus agar hasilnya maksimal

Selain cara membersihkan di atas, ada pula cara yang lebih simpel, yaitu tanpa dengan melepaskan kawat/jendela. Cara membersihkannya adalah dengan menempelkan semua badan kawat dengan koran basah lalu didiamkan selama kurang lebih lima menit. Setelah itu koran diambil, dan Anda akan melihat semua debu yang menempel pada kawat terambil dan menempel di atas koran basah.

Cara ini memang terbilang lebih sederhana, namun jika Anda tidak teliti, Anda dapat meninggalkan sisa-sisa debu pada sudut jendela kawat Anda. Oleh karenanya dalam menggunakan cara ini Anda harus sangat teliti.

Cara apapun yang Anda gunakan, jika Anda membersihkannya dengan baik, maka periode untuk membersihkan kawat selanjutnya akan lebih lama karena debu akan lebih lama menempel lagi. Akan tetapi, jika cara membersihkannya tidak baik, debu akan mudah lagi menempel sehingga periode membersihkannya pun akan lebih pendek.

Perawatan kawat untuk menangkal nyamuk atau lebih sering disebut kawat kasa memang cukup rumit, namun kawat ini masih cukup banyak digunakan karena terbukti efektif dalam menangkal kehadiran nyamuk. Oleh karenanya, saat Anda juga memilih kawat ini, maka Anda harus siap dengan resiko kotorannya dan rutinitas membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *