Menyiapkan Kebutuhan Dekorasi Resepsi Pernikahan Sendiri

Jika Anda satu dari sekian banyak pasangan yang ingin menikah dengan budget terbatas atau memang memilih untuk merayakannya secara senderhana, mengatur semua sendiri adalah solusi terbaik untuk mengurangi pengeluaran. Dengan semakin mudah akses informasi, rasanya tidak mustahil mengurusnya sendiri. Platform seperti Pinterest bisa jadi tempat mencari inspirasi pesta pernikahan.

Dekorasi Resepsi Pernikahan

Hal paling utama dari resepsi pernikahan adalah venue. Saat ini lokasi resepsi bisa di dalam atau ruangan. Tergantung preferensi, dana serta cuaca. Paling aman memang memilih tempat resepsi di dalam aula. Pilihannya saat banyak, aula atau ballroom hotel hingga aula yang terdapat pada tempat ibadah.

Kebutuhan Dekorasi

Jika Anda cukup beruntung mendapatkan ruangan yang disewa menyediakan segala kebutuhannya, tidak ada lagi yang perlu Anda khawatirkan. Namun jika kebetulan hanya ruang sewa yang Anda temukan, tanpa tambahan lainnya, Anda perlu banyak hal sebagai berikut:

1. Kursi

Ada beberapa penyedia wedding organizer yang menyewakan sejumlah kursi. Kursi tamu, kursi untuk penganti dan beberapa tipe kursi lainnya untuk kebutuhan pernikahan.

2. Meja

Pada resepsi pernikahan, meja juga akan dibutuhkan untuk beberapa hal. Penerima tamu, meja di samping penganti, meja tempat menyuguhkan makanan dan lain sebagainya.

3. Kain penghias langit-langit dan penutup dinding

Ini salah satu bagian dekor wajib yang perlu dipertimbangkan. Terutama dari segi warna dan bahan. Karena Anda mengurus sendiri, ada baiknya lebih teliti dalam menilai kondisi bahan yang dibeli atau disewa. Apakah kondisinya bagus dan tidak bolong-bolong atau sebaliknya. Pemilihan warna kain ini pun harus disesuaikan dengan warna penutup meja dan kursi, karpet lantai serta warna seragam baju pengantin.

4. Bunga

Dekorasi Bunga Resepsi Pernikahan

Kebutuhan wajib lain dari dekorasi adalah bunga. Banyak orang terutama calon mempelai wanita lebih suka dekorasi dengan bunga asli. Menentukan jenis bunga krisan, mawar, lily atau lainnya tergantung preferensi pribadi namun warnanya perlu disesuaikan dengan kain dekorasi.

5. Kebutuhan Dekor Tambahan

Kebutuhan lain dekor tambahan yang dimaksud bisa berupa tanaman sintesis, tambahan pencahayaan dan sound system. Sound system adalah bagian yang juga penting agar dapat mengomunikasi jalannya acara serta hiburan selama acara.

6. Karpet lantai

Karpet lantai Resepsi Pernikahan

Pilihan karpet sangat bervariasi. Sebelum membeli atau menyewanya pastikan Anda mengetahui perbedaannya. Yang pertama Karpet Roll Cut. Yaitu karpet bulu dengan ketebalan, motif berbeda dalam gulungan dengan lebar sekitar 4 meter. Permukaan halus dan lembut biasanya digunakan untuk area yang tidak sering dilalui seperti kamar tidur, ruang kerja atau ruangan untuk meeting. Karpet jenis ini memang tidak lazim untuk dijadikan karpet lantai resepsi pernikahan, namun bisa dijadikan sebagai opsi untuk area tertentu seperti area pelaminan atau jika ada area untuk berfoto.


Baca ini juga: Wujudkan Teras Impian Anda dengan Tampilan Indah Batuan Marmer


Yang kedua, karpet Roll Loop. Karpet jenis ini sudah memiliki standar ISO dengan pilihan beragam. Artinya kondisi dan kualitas sudah tidak perlu dipertanyakan. Tidak terlalu tebal, tahan lama dan mudah dibersihkan sehingga cocok digunakan untuk area yang sering dilalui. Seperti area lorong hotel, atau aula untuk resepsi pernikahan. Meskipun terdapat beragam motif, namun motif polos karpet jenis inilah cocok untuk kebutuhan pesta pernikahan yang menampilkan kesan mewah dan elegan.

Menyewa atau membeli karpet lantai murah sangat mudah ditemukan. Di banyak e-commerce banyak ditemukan jenis karpet untuk dibeli. Bahkan hanya sekedar disewa untuk jangka waktu singkat seperti resepsi pernikahan. Harga karpet bisa Anda temukan mulai dari Rp 100.000 per meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *