Membuat Ruangan Khusus Editing Video Harus Sesuai Kebutuhan Editor

Menjadi seorang editor video memang menyenangkan, tapi perlu skill mumpuni agar hasil video yang diutak-atik jadi sempurna. Tidak perlu sekolah tinggi supaya bisa mengedit sebuah video, anda tinggal mencari tutorialnya di youtube. Untuk mengasah kemampuan editing yang anda miliki tentunya harus terus berlatih agar semakin banyak teknik yang dikuasai.

 

Pemasangan Instalasi yang Baik oleh Kontraktor Listrik, Mendukung Jalan Kerjanya Komputer Editing Video

Menjadi editor video tidak hanya sebatas bisa teknik menata elemen audio visual, akan tetapi harus ada rasa seni tinggi di dalamnya supaya video semakin baik. Beberapa aplikasi editing video disediakan untuk memenuhi kebutuhan membuat film atau video. Diantaranya ada adobe premier, pinnacle, final cut pro dan lain sebagainya. Sedangkan untuk membuat efek-efek penunjang video bisa memakai after effect, jika anda ingin mencoba untuk membuat animasi ada aplikasi flash, blender dan lain-lain. Semua aplikasi yang sudah diinstal pada perangkat dapat menyala secara maksimal apabila daya listrik stabil.

Kriteria Khusus untuk Ruangan Video Editing

Sebenarnya tidak ada patokan khusus tentang ruangan video editing, namun ada beberapa hal yang wajib dipenuhi untuk membuat ruang editing sebagai berikut:

 

1. Listrik kuat.

Komputer atau laptop adalah alat utama untuk editing, jadi adanya instalasi listrik yang mumpuni menjadi syarat utama agar PC bisa nyala dan editing video lancar dilakukan. Bayangkan saja jika tidak ada listrik tentu peralatan editing tidak bisa menyala. Listrik juga sangat membantu untuk penerangan dalam ruangan, apabila tidak ada lampu yang menerangi maka mata akan terasa sakit.

2. Peralatan yang lengkap.

Menjadi editor professional yang mengerjakan banyak projek memerlukan peralatan yang lengkap. Pada perangkat PC harus ada monitor untuk menampilkan time line dan work space program editing, selain itu dalam ruangan harus ada headphone atau sound sebagai media untuk mendengarkan audio dalam sebuah film karena terasa aneh film tanpa suara. Tidak hanya audio dari hasil shoting saja namun juga background musik untuk menunjang suasana dalam video.

Baca juga: Maksimalkan Desain Eksterior Rumah Dengan Item Berikut Ini! No.4 Bikin Adem

3. Bersih dan Nyaman.

Rasa nyaman setiap editor tentu berbeda-beda. Ada yang memilih ruang sejuk ber-AC agar bisa konsentrasi maksimal. Jika memasang pendingin ruangan, pasti instalasi listrik yang dipasang harus lebih tinggi dayanya agar tidak mengganggu proses editing. Bayangkan saja bila daya listrik naik turun maka akan membuat kesal dan alat cepat rusak. Akan tetapi ada juga yang lebih suka melakukan proses editing dalam ruangan yang bebas dari AC karena ingin merokok. Proses kreatif yang dilakukan bisa berjalan lancar jika menghisap rokok. Bahkan seorang editor akan mati kutu tanpa mengahabiskan tembakau yang terbakar. Keadaan bersih tak lantas membuat semua orang merasa nyaman, ada sebagian orang yang justru merasa tidak nyaman bekerja dalam kondisi ruangan bersih. Kembali kepada selera masing-masing editor.

4. Kedap suara.

Menyediakan ruangan editing kedap suara sebenarnya tidak wajib, sesuai dengan keinginan editor, hanya saja jika kedap suara akan lebih enak karena tidak terganggu suara dari luar ruangan dan apabila ada proses recording untuk menunjang jalannya editing video hasilnya lebih maksimal. Untuk membuat ruang kedap dari suara berisik memerlukan biaya tambahan untuk membuatnya. Perlengkapan seperti karpet dan peredam lainnya disediakan agar hasil maksimal. Jika membangun ruang kedap suara biasanya dibarengi dengan pendingin ruangan agar tidak pengap dan gerah di dalamnya, sehingga kontraktor listrik yang mumpuni wajib dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *