Mau Buka Restauran Konsep Saung? Baca 4 Tips Jitu Ini

Restauran merupakan tempat makan umum yang sering dikunjungi untuk makan sendiri maupun bersama-sama. Restauran umumnya dikunjungi untuk merasakan suasana makan yang baru. Untuk itu pihak restauran selalu berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan agar konsumen tidak kecewa. Upaya-upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan konsep penampilan restauran hingga menyajikan makanan yang lezat.

Dewasa ini restauran yang paling sering dikunjungi dan populer di masyarakat adalah restauran dengan tema alam. Masyarakat dewasa ini khususnya masyarakat perkotaan sangat jauh dengan alam, maka dari itu masyarakat sangat suka mencari hal-hal yang dapat mendekatkannya kembali dengan alam yang masih asri seperti tempat wisata hingga restauran.

Berangkat dari kondisi itu, membuka restauran dengan mengusung konsep alam seperti konsep saung akan menjadi ide yang sangat bagus dan dijamin akan selalu ramai pengunjung.

Tips Menciptakan Restauran Saung

Konsep saung merupakan konsep restauran yang akan mendekatkan pengunjung dengan alam. Selain itu konsep saung juga sangat mudah dirancang dengan dana yang tidak seberapa seperti material-material saung berupa bambu dan lantai parket yang murah juga distributor jual parket dan bambunya pun tersebar luas di hampir seluruh kota sehingga sangat mmudah didapatkan. Berikut tips jitu membuat restauran konsep saung:

1. Lokasi

Tentukan terlebih dahulu lokasi yang ingin digunakan untuk restauran. Umumnya restauran saung adalah restauran yang di bawah saungnya sekaligus ada kolam ikan. Untuk mendapatkan lokasi seperti itu Anda dapat bekerja sama dengan managemen pengurus danau tertentu di tempat wisata agar Anda diberi ruang untuk membuat restauran. Hanya saja dengan resiko Anda harus membayar secara berkala tempat tersebut atau membagi hasil restauran. Itu tergantung kesepakatan.

Selain di sebuah danau di tempat wisata, Anda juga dapat membuat kolam sendiri terlebih dahulu di bawah saung lalu mengisinya dengan ikan-ikan agar suasana alamnya tampakĀ alami dan cantik.

Konsep saung tanpa kolam pun bukan ide yang buruk dan akan mempermudah Anda dalam mencari lokasi dan membangun restauran tanpa harus membuat kolam terlebih dahulu.

2. Desain

Langkah selanjutnya adalah mendesain lokasi restauran. Karena konsep saung merupakan konsep alam, maka terapkanlah desain-desain yang kental dengan alam, seperti menanam pohon atau bunga-bunga hias di sekita saung, membuat kolam, hingga memodifikasinya dengan desain modern dengan tanpa menghilangkan unsur alam.

3. Membuat saung

Membuat saung merupakan pekerjaan yang terbilang mudah dibanding dengan jenis bangunan lain. Anda dapat menggunakan jasa kontruksi saung untuk membantu membangun saung.

Baca juga: Menyiapkan Kebutuhan Dekorasi Resepsi Pernikahan Sendiri

Material yang Anda butuhkan untuk membuat saung adalah bambu untuk rangka, genteng untuk atap (bisa dimodifikasi jerami agar tetap terkesan alami), dan kayu untuk lantai. selain kayu, lantai saung juga dapat diganti dengan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan karena memanfaatkan sisa limbah kayu seperti lantai parket. Lantai parket di pasaran cukup banyak dijual dengan harga jual parket murah sehingga Anda dapat meminimalisir pengeluaran Anda.

4. Promosi

Promosi merupakan kegiatan yang dianggap sepele namun sangat penting dalam menentukan kesuksesan restauran. Walaupun lokasi restauran Anda di tempat wisata yang setiap hari dikunjungi banyak orang, tetap saja restauran akan sepi jika promosinya tidak dilakukan atau tidak menarik.

Berbeda dengan restauran saung yang walaupun di pinggiran kota dengan jalan persawahan terlebih dahulu yang harus ditempuh, akan menjadi restauran yang ramai jika ada promosi dengan tampilan yang menarik.

Untuk itu lakukan promosi semenarik mungkin. Promosi dapat dilakukan dengan mengangkat suasana alami restauran, atau mengangkat topik makanan unik dan lezat. Dewasa ini promosi juga sangat mudah dilakukan, seperti mengunggahnya di akun media sosial atau bahkan mengundar figur sosial untuk mempromosikan restauran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *