Inspirasi Menata Ruang Tamu Santai Agar Cepat Usir Lelah

Untuk kebanyakan orang, keberadaan ruang tamu atau ruang santai di dalam rumah sangatlah penting. Apalagi kalau bukan untuk melepas kepenatan sehabis kerja, atau sekadar menikmati hobi serta kegiatan yang sifatnya personal. Atau mungkin pula, sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga. Nah, bentuk, desain serta fungsi ruang santai ini sendiri sangatlah bervariasi tergantung pada mood dan selera pemilik rumah hingga aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di tempat tersebut.

Apakah kamu masih kebingungan menentukan ruang seperti apa yang cocok untuk rumah impianmu? Kamu bisa intip macam-macam inspirasi desain berikut, sekaligus tips menata ruang santai agar tidak penat saat dilihat.

Mendesain Ruang Santai dengan Desain Klasik

 

Mendesain Ruang Santai dengan Desain Klasik

Suka dengan lukisan, nuansa putih, atau bahan-bahan antik? Kamu bisa banget memasukkan elemen tersebut di ruang santaimu. Desain ruang santai dengan model klasik yang sederhana sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai sambil menenangkan diri. Kamu juga pasti merasa lebih rileks, karena dekorasi yang tidak aneh-aneh.

Nah, di ruang seperti itu, banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan, mulai dari berkumpul bersama keluarga sambil menyeruput kopi atau teh, hingga membaca majalah dan buku. Nuansa klasik juga akan lebih kental dan terasa jika kamu menambahkan set TV, rak buku, vas bunga, atau benda lain yang lucu dan isntagramable.

Atap Ruang Santai Adalah Hal yang Penting

Yang tak kalah penting ada desain atap yang menenangkan. Kamu bisa memakai plafon putih polos agar hati lebih rileks dan tenang saat menghadap langit-langit. Ada banyak kok jasa jual plafon gypsum dengan harga terjangkau dan pas di kantong kamu. Ingat, untuk menciptakan ruang tamu atau ruang bersantai yang elegan, jangan pernah mengecat langit-langitnya dengan warna-warni. Hal tersebut malah akan merusak suasana santaimu, gaes.

Bersantai di Loteng? Kenapa Enggak!

Bersantai di Loteng

 

Nah, kalau mau yang sama sekali beda, kamu bisa mencoba ide yang satu ini yaitu membuat ruang santai di loteng. Untuk lantai dan ruangannya, kamu bisa hias dengan karpet dan benda-benda seperti rak buku, sofa kecil, serta vas bunga minimalis. Sedangkan atapnya memakai plafon tak apa kok, mulai dari harga plafon gypsum murah hingga mahal bisa kamu dapatkan di tempat khusus yang menjual perabotan rumah. Selain ruang yang harus nyaman, pastikan lotengmu itu punya sirkulasi udara yang juga bikin nyaman.

Ruang Santai Plus Perpustakaan Mini

Satu dari banyak aktivitas yang paling pas dilakukan saat bersantai adalah membaca, buku apapun itu. Kamu bisa banget membuat nuansa perpustakaan hadir di dalam rumahmu, tepatnya ruang santai. Langkah awal yang harus kamu lakukan, cukup dengan menghadirkan lemari buku untuk melengkapi sofa, kursi, vas bunga, serta mungkin set TV yang sudah ada. Hal yang tak kalah penting adalah memastikan pencahayaan di ruang tersebut benar-benar bagus. Karena nantinya akan digunakan untuk membaca buku.

Baca juga: Trik Agar Tata Ruang Simetris Tidak Terkesan Kaku dan Membosankan

Ruang Santai yang Terbuka

 

Ruang Santai yang Terbuka

Dengan konsep yang terbuka, ruang santai ini akan membuatmu melenyapkan stres setelah full melakukan berbagai aktivitas. Triknya adalah memberikan ruangan tersebut pintu kaca atau jendela yang lebar serta bisa dibuka. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan nuansa outdoor meskipun sebenarnya ruang tersebut merupakan ruang indoor. Jangan lupa, tambahkan kembang atau tanaman yang hidup agar tambah segar.

Untuk setiap ruangan, selalu gunakan plafon putih ya. Sekarang mah sudah serba canggih, kamu bisa mendapat harga plafon gypsum murah dengan mudah dan di toko bangunan manapun. Dengan sedikit usaha dan dekorasi, kamu bisa mendapat ruang santai yang nyaman dan membuat rileks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *