Ini Dia yang Harus Direncanakan Saat Membangun Rumah Kaca Pribadi

Rumah yang terbuat dari kaca, mulai dari atap, dinding hingga pintu merupakan rumah yang kini sedang populer dan banyak diburu oleh calon pemilik rumah. Rumah kaca umumnya cocok diterapkan di wilayah empat musim karena material kaca akan mampu menahan kehangatan sinar matahari di dalam rumah kala suhu dingin datang sehingga isi rumah tetap bertahan hangat. Selain itu, rumah kaca juga sering digunakan untuk pertanian yang dikendalikan, yaitu pertanian dengan parameter lingkungannya seperti suhu dan cahaya diatur sedemikian rupa agar menghasilkan panen yang sesuai dengan keinginan.

Dewasa ini, rumah kaca tidak hanya diburu di wilayah empat musim saja, tidak juga hanya untuk sektor pertanian. Banyak rumah kaca yang mulai dibangun di wilayah tropis seperti Indonesia, serta tidak hanya difungsikan sebagai pertanian, namun sebagai hunian pribadi.

Rumah Kaca
Source: www.liputan6.com

Rumah kaca kini dijadikan hunian pribadi karena efek yang ditimbulkannya sangat menarik, dari mulai efek visual hingga efek fungsional. Rumah yang menggunakan kaca akan tampak lebih modern dan luas, namun sebaliknya rumah akan terlihat sangat biasa ketika tidak menerapkan aksen kaca dalam susunannya.

Akibat semakin tingginya permintaan akan hunian kaca pribadi, produsen dan toko kaca menjadi harus lebih getol dalam memproduksi kaca.

Rencana Pembangunan Rumah Kaca Pribadi

Rumah Kaca Pribadi
Source: economy.okezone.com

Anda termasuk orang yang ingin membangun rumah yang dikelilingi dengan kaca? Jika iya, tentu saja ada banyak perencanaan yang harus Anda siapkan:

1. Lokasi rumah

Di mana Anda akan membangun rumah kaca merupakan pertanyaan yang sangat penting dalam membangun rumah kaca. Jika Anda membangun rumah kaca di sekitar pegunungan yang memiliki suhu dingin, maka Anda tidak perlu menyiapkan pendingin ruangan ekstra. Tapi jika Anda membangun rumah kaca di daratan rendah, maka Anda harus merencanakan banyak pendingin di dalam rumah. Hal ini dikarenakan rumah kaca mampu menyimpan panas yang berlebih yang akan membuat ruangan menjadi panas, bahkan saat malam tiba, di mana seharusnya suhu menjadi lebih dingin.

2. Persentase kaca

Seberapa banyak kaca berperan dalam membangun rumah Anda juga perlu direncanakan. Apakah seluruhnya rumah Anda akan dipenuhi dengan kaca dari mulai dinding, atap hingga pintu atau bagian tertentu saja, misalnya bagian depan saja atau bagian dinding saja. Perencanaan persentase kaca akan berpengaruh terhadap alokasi dana yang perlu Anda siapkan untuk membeli kaca di toko kaca Jakarta misalnya, juga berpengaruh terhadap perencanaan bagian rumah lain yang tidak menggunakan kaca.

Baca juga: Desain Kolam Kaca Minimalis

3. Kualitas kaca

Anda tentu saja tidak dapat menggunakan kaca jendela untuk dinding. Dinding merupakan struktur pembangun rumah yang harus kuat, maka materialnya pun harus kuat, walaupun terbuat dari kaca. Oleh karenanya dalam membangun rumah kaca pribadi, Anda harus merencanakan kualitas kaca yang seharusnya Anda pilih. Untuk menentukan kualitas kaca ini, Anda dapat meminta bantuan kontraktor rumah atau pihak yang memiliki keahlian sama untuk membantu Anda menentukan kaca yang sesuai di toko kaca tempered.

4. Rencanakan pelindung

Kaca merupakan material yang mudah menyerap radiasi yang berbahaya dari matahari, oleh karenanya Anda harus merencanakan memasang pelindung untuk rumah kaca Anda. Pelindung tersebut dapat berupa lapisan khusus yang ditempelkan pada kaca. Pelindung ini akan menangkal radiasi bebas, panas yang berlebihan serta menyediakan cahaya yang optimal untuk rumah kaca Anda.

Dalam membangun rumah kaca sendiri, selain perencanaan di atas juga Anda harus merencanakan tujuan Anda dengan matang seperti perlunya membuat rumah kaca serta akan difungsikan seperti apa rumah tersebut. Dengan perencanaan matang tersebut, pembangunan rumah kaca Anda tidak akan berakhir dengan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *