7 Inspirasi Dekorasi Kamar Bayi Aman dan Nyaman

 

Menyiapkan kamar untuk bayi membuat orang tua harus mempersiapkan banyak hal dari mulai alokasi dana hingga furnitur pilihan. Bayi memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, untuk itu menyiapkan kamar bayi tidaklah dapat sembarangan. Kamar untuk bayi harus aman dan terhindar dari material-material yang berbahaya.

Inspirasi Dekorasi Kamar Bayi Aman dan Nyaman

Prinsip mendekorasi kamar bayi adalah harus aman dan nyaman. Adapun inspirasi dekorasi kamar bayi yang aman dan nyaman di antaranya:

1. Furnitur yang aman

 

Pilihlah furnitur yang aman, yaitu yang tidak memiliki sisi yang tajam, bahan furnitur yang tidak melukai dan terhindar dari zat kimia berbahaya yang dapat menguap kemudian terhirup oleh pernafasan bayi.

Di kamar bayi, furnitur yang dibutuhkan adalah lemari untuk menyimpan pakaian bayi, meja untuk mengganti pakaian bayi dan kursi untuk ibu saat menyusui bayi. Untuk kamar minimalis, tersedia model furnitur yang menggabungkan ke tiga furnitur ini sehingga sifat furniturnya multifungsi dan menghemat ruang kamar bayi.

2. Tempat tidur bayi

 

Pilihlah tempat tidur bayi yang melindungi bayi. Ada saatnya bayi mulai belajar membalikan badannya, untuk itu pilihlah tempat tidur yang tidak membuat bayi terjatuh saat membalikan badan seperti tipe box. Tempat tidur bayi di pasaran sangat variatif baik dari segi kualitas, harga, model hingga warna. Bagaimanapun modelnya, pilihlah tempat tidur yang aman dari bahan tajam dan bahan kimia berbahaya.

3. Lantai/karpet yang lembut

 

Pasang lantai atau karpet yang lembut untuk bayi dalam mengeksplorasi kamarnya. Dalam memasang lantai, orang tua dapat memasang lantai vinyl yang lembut sebagai alternatif. Distributor jual vinyl lantai banyak tersebar di pasaran umum dengan harga yang cenderung murah, sehingga orang tua tidak akan kesulitan mencarinya.  Namun memilih lantai vinyl perlu dipertimbangkan matang-matang, hal ini dikarenakan material dasar vinyl yaitu PVC dapat menguap dan jika terhirup oleh bayi dapat menyebabkan resiko yang besar. Solusinya, lantai vinyl terlebih dahulu harus dilapisi pelindung di bagian permukaannya untuk mencegah PVC menguap.

Dalam memilih karpet juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu karena jika karpetnya terlalu memiliki banyak bulu justru dapat membuat alergi kulit dan pernafasan bayi karena terlalu banyak debu yang bersarang pada bulu-bulu karpet.

4. Penempatan ranjang bayi

 

Hindari menyimpan tempat tidur bayi di dekat jendela, karena walaupun udara dapat leluasa masuk dan langsung menyentuh bayi, kita tidak dapat memastikan apakah udara yang masuk merupakan udara bersih atau justru kotor apalagi mengingat udara bumi saat ini sudah banyak mengandung polusi.

5. Gorden

 

Pilihlah gorden yang dapat mengoptimalkan masuknya cahaya dan udara namun dapat menyaring udara sehingga tidak semua udara dapat bebas masuk. Orang tua dapat memasang gorden tipe sheer maupun gorden blind yang banyak tersedia di pasaran. Sama halnya dengan harga vinyl lantai murah, harga gorden baik tipe sheer maupun blind juga murah di pasaran sehingga orang tua tidak perlu khawatir adanya pembengkakkan dana.

6. Cat aman

 

Pilihlah cat yang berasal dari ekstrak tanaman. Cat konvensional yang biasa digunakan, yang kerap menimbulkan bau pada dinding memiliki bahan kimia yang sangat berbahaya untuk pernafasan bayi. Maka cat jenis seperti itu harus dihindari untuk kamar bayi.

7. Warna kamar bayi

 

Sebaiknya hindari terlebih dahulu warna yang terang dan mencolok. Terapkan warna yang netral dan lembut di kamar bayi sehingga bayi merasa tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *