Bagaimana Sebenarnya Penataan Toilet Umum yang Ideal? Temukan Jawabannya Di sini!

Di setiap bangunan rumah, mal, perkantoran, tempat wisata dan bahkan sampai tempat ibadah pasti akan selalu ada ruangan kamar mandi atau biasa disebut dengan toilet. Keberadaan toilet tidak bisa lepas dengan adanya cermin di dalamnya, banyak pedagang yang jual kaca cermin untuk dipasang di kamar mandi. Di mana pun orang berada akan selalu mampir ke toilet untuk digunakan sebagai tempat buang air besar, air kecil atau mungkin hanya sekedar mampir untuk berdandan.

 

Penataan Toilet Umum yang Ideal

Toilet yang berada di tempat umum sering kali kurang terjaga kebersihannya, karena dipakai oleh banyak orang. Namun, hal ini akan membuat orang berpikir tentang toilet umum itu adalah tempat yang jorok, bau dan kurang nyaman untuk dipakai. Padahal toilet sebenarnya bisa menjadi cerminan dari suatu tempat, seperti rumah, mal atau bangunan lainnya. Apabila toiletnya bersih dan nyaman maka  juga akan berdampak positif pada tempat tersebut. Tidak semua orang tahu tentang penataan toilet umum yang baik serta ideal, yuk langsung saja simak penjelasan tentang penataan toilet yang benar dibawah ini.

Memiliki Ruangan Luas dan Ventilasi yang Cukup

Toilet idealnya harus memiliki ruang gerak yang cukup, supaya ketika orang berpas – pas an masuk atau keluar tidak menabrak satu sama lain. Selain itu, ruangan di dalam toilet harus selalu segar atau tidak berbau jamur karena lembab. Hal itu dapat diatasi dengan di sediakannya ventilasi atau jendela yang memadai, supaya sirkulasi udara di dalam ruangan kamar mandi dapat mengalir dengan baik.

Memiliki Sanitasi yang Baik

Menjaga toilet umum tetap kering, dengan cara menggunakan alat semprot atau jet washer sebagai pembasuh setelah selesai memakai toilet serta memasang toilet duduk yang sudah dilengkapi saluran penyiraman, akan membuat toilet terjaga kebersihannya. Usahakan sanitasi di dalam toilet umum berfungsi dengan baik, supaya kuman dan bakteri tidak cepat berkembang biak yang akan mengakibatkan toilet berbau tidak sedap.

Menyediakan Tempat Mencuci Tangan

Sebaiknya jika ingin membangun toilet umum, jangan lupa untuk menyediakan tempat mencuci tangan atau washtafel. Hal ini bertujuan supaya budaya mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi bisa dijaga sejak dini, karena tangan merupakan sumber dari penyebaran kuman yang menyebabkan penyakit seperti flu, batuk atau penyakit lainnya. Selain itu, biasanya tempat cuci tangan dilengkapi dengan cermin. Harga kaca cermin yang dipakai di dalam toilet tidak perlu yang mahal, asal bisa dipakai untuk bercermin saja sudah cukup.

Baca juga: Membuat Ruangan Khusus Editing Video Harus Sesuai Kebutuhan Editor

Memakai Produk yang Ramah Lingkungan

Toilet umum yang baik sebisa mungkin menyediakan dan menggunakan produk yang ramah lingkungan. Misalnya seperti menyediakan tempat sampah organik dan anorganik, sabun cuci tangan terbuat dari bahan alami yang mengandung anti bakteri atau tidak menyediakan ember dan gayung supaya tidak boros air. Produk ramah lingkungan memang sangat dibutuhkan untuk menjaga toilet bebas bakteri.

Pemakaian cermin di toilet dapat membantu menyiasati ruangan agar terlihat lebih luas, sekarang ini banyak toko yang jual kaca cermin untuk toilet. Pintu pada toilet sebaiknya dibuat menggantung dengan jarak tinggi 20 cm dari lantai, supaya bisa memudahkan  para petugas kebersihan ketika akan membersihkan toilet. Selain itu, dalam pembuatan toilet umum perlu membangun toilet khusus untuk orang – orang penyandang disabilitas, lanjut usia dan juga anak – anak. Toilet atau kamar mandi khusus untuk para penyandang disabilitas lebih baik menggunakan pintu yang digeser, sehingga lebih mudah ketika membukanya dan sebaiknya juga dilengkapi dengan fasilitas pegangan tangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *