Apa Kegunaan Rangka Besi Pada Jalan Beton? Kenali Fungsinya

Secara awam orang bila mendengar kata beton, akan berfikir tentang material bangunan yang kuat. Walau pasti bagian dalamnya juga butuh penopang agar bisa dipasang dengan kokoh. Jadi ada rangka besi yang dipasangkan, lalu adukan beton diletakan diantara rangka tersebut. Kenapa jalanan harus pakai bahan beton? Karena bisa buat jalan kuat terhadap daya tekan, tidak seperti aspal yang bisa berubah bentuk kalau dilalui banyak kendaraan berat. Nah, fungsi rangka besi tersebut buat jalan beton tahan bukan hanya pada daya tekan, namun juga daya tarik.

Kegunaan Rangka Besi Pada Jalan Beton

Fungsi Rangka Besi Pada Jalan Beton

Jalan-Jalan di ibukota dan kota besar sekitar sudah banyak menggunakan material ini. Bisa jadi dikarenakan lebih kuat pastinya, tahan lama dan juga minim perawatan. Walaupun, faktanya apapun material jalan, baik aspal maupun beton, bila dipasang dengan baik dan memperhatikan sistem drainasinya, maka jalanan bisa awet untuk waktu yang lama. Masalah terbesarnya adalah air dan terik matahari yang bisa menghancurkan lapisan beton atau aspal, jadi ditemukan jalanan yang rusak. Dengan pakai rangka besi, jalan beton bisa lebih lama digunakan, karena beberapa hal berikut.

1. Rangka Besi Sebagai Tulang Jalanan

Adanya rangka besi buat distribusi berat tegangan yang lebih merata. Jadi bisa buat jalan stabil dan memikul beban kendaraan yang berjalan dengan lebih baik.  Tegangan karena beban relatif lebih kecil dan tidak perlu base-course atau landasan beton yang tebal. Dengan pakai rangka besi sudah cukup untuk menjadi landasan jalan, bahkan yang dilalui kendaraan berat seperti truk barang yan berat.

2. Beri Fondasi Kuat

Jangan samakan pembuatan dak beton dengan lapisan jalan beton. Walau sama-sama butuh rangka besi, penempatanya sedikit berbeda. Karena jalan beton perlu memiliki landasan yang luat untuk dapat dilalui kendaraan baik besar dan kecil. Selain itu harus bisa menjaga keawetan jalan dari panas terik matahari dan hujan bahkan banjir. Karena perubahan tersebut mempengaruhi shrinkage (kembang susut) jalan dan buat jalan jadi rusak. Rangka besi mengcegah hal tersebut terjadi.

3. Cegah Jalan Retak

Kalau anda melihat retakan dijalan, kemungkinan hal tersebut dikarenakan rangka besinya tidak pas. Jadi ada penyusutan pada lapisan dibawahnya dan menjadi retak-retak. Rangka besi selain harus pas juga bisa ditambahkan waterproofing integral bersamaan adukan beton sehingga lapisan beton bisa lebih kokoh dan kuat. Dengan adanya tambahan waterproofing, air juga tidak mudah merembas kedalam dan membuat jalan beton menjadi lembab dan retak-retak.

Baca juga: Inspirasi Menata Ruang Tamu Santai Agar Cepat Usir Lelah

4. Mencegah Jalanan Amblas

Walaupun banyak alasan yang bisa buat jalana amblas, padahal sudah terbuat dari beton. Ada atau tidak adanya rangka besi bisa menjadi indikasi awal. Pemasangan rangka tersebut yang asal-asalan akan berakibat fatal dimasa yang akan datang. Karena ada hal lain yang bisa menyebabkan jalan amblas, terutama di ibukota yang sering diguyur hujan dan dilanda banjir. Lapisan jalan beton yang terlalu lama tergenang air bisa amblas, terlepas adanya rangka besi.

Fungsi utama rangka besi adalah menjadi penopang kuat untuk jalanan bermaterial beton. Untuk dapat menghadapi perubahan cuaca bisa ditambahkan waterproofing membrane bakar untuk lapisan atasnya, sehingga menjadi anti air. Untuk kekuatan ganda bisa juga dilakukan integral waterproofing dimana lapisan anti air bercampur didalam dengan adonan beton. Dengan demikian konstruksi jalanan beton bisa tahan lama dan minim perbaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *