Alat-Alat dan Cara Untuk Aplikasikan Cat Epoxy

Epoxy merupakan cat lantai beton yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat. Selain anjuran cat lantai beton ini sudah masuk ke dalam salah satu standarisasi internasional atau ISO, cat ini juga memberikan kesan lantai yang bersih, elegan, serta kuat dan tahan gores maupun tahan benturan.

Cara Untuk Aplikasikan Cat Epoxy

Cat epoxy dalam pengaplikasiannya sendiri biasanya menggunakan jasa epoxy floor, hal ini dikarenakan tidak sembarangan orang mampu mengaplikasikannya karena tentu saja merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan keahlian khusus yang sudah dipalajari dan teruji. Jasa pengecat lantai dapat dengan mudah ditemukan, baik kantornya maupun secara online karena saat ini banyak jasa yang sudah dapat memberikan pelayanan lewat online. Mengenai harga, tentunya sangat variatif tergantung pelayanan yang diberikan.

Alat Untuk Cat Epoxy

Mengecat lantai dengan cat epoxy tentu membutuhkan alat dan bahan tertentu. Dari bahan tentu yang paling utama adalah cat itu sendiri, cat epoxy terdiri dari dua komponen utama yaitu resin dan hardener yang keduanya jika dikombinasikan mampu membentuk lapisan yang membuat lantai menjadi elegan dan kuat.

Sedangkan untuk alat yang digunakan, itu tergantung dengan kondisi. Artinya jika kondisi lantai beton tidak dalam keadaan rapi, berarti alat yang digunakan banyak karena untuk merapikan terlebiih dahulu lantai beton. Akan tetapi, jika lantai sudah rapi, akan sedikit alat yang digunakan karena prinsipnya mengecat lantai dengan cat epoxy itu bukanlah banyak alat, tapi kemampuan dalam mengecat itu sendiri. Adapun alat yang pasti digunakan dalam mengecat lantai adalah floor polisher yaitu alat yang digunakan dalam proses grinding. Alat ini memiliki harga yang cukup mahal, itulah mengapa dalam pengaplikasiannya harus menggunakan jasa karena selain membantu mengecat, jasa juga menyediakan alatnya sehingga kita tidak perlu membeli alat mahal hanya untuk digunakan sekali saja. Kecuali jika memang ada tujuan lain.

Cara Aplikasikan Cat Epoxy Lantai

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya bahwa mengaplikasikan cat lantai membutuhkan kemampuan khusus yang hanya dimiliki oleh jasa epoxy floor. Meskipun begitu, Anda tetap harus tahu tahapan yang harus dilalui untuk mengecat lantai untuk menilai kinerja jasa atau sekadar untuk pengetahuan. Adapun cara aplikasikan cat di antaranya:

1. Menyiapkan lantai

Lantai yang akan diaplikasikan cat harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu dengan memebrsihkannya dari minyak, oli atau noda apapun yang menempel pada lantai. Proses ini menggunakan alat floor polisher. Proses ini bertujuan agar cat yang diaplikasikan menempel dengan sempurna dan elegan saat dipandang.

2. Lapisi plamir

Sebelum mengaplikasikan cat, yang harus dilakukan adalah mengaplikasikan plamir terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar lantai yang akan diaplikasikan cat benar-benar rata. Karenanya dalam melapisi lantai dengan plamir haruslah benar-benar sempurna, seperti harus adanya penyortiran saat plamir mulai mengering.

3. Aplikasikan cat epoxy

Kemudian sampai di proses utama yaitu proses pengecatan. Proses pengecatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung ketebalan cat yang diaplikasikan. Adapun harga epoxy memiliki yang variatif di pasaran tergantung kualitas dan produk yang Anda pilih.

Baca juga: Cegah Kabel Putus Tergigit Tikus dengan 5 Cara Ini

4. Finishing

Finishing ini berupa proses coating yaitu proses di mana lantai ditentukan akankah memiliki visual yang glossy atau yang dof. Hal ini tergantung selera juga terkadang tergantung tempat di mana cat ini diaplikasikan. Untuk di lobi-lobi tempat umum biasanya kesan yang diangkat adalah glossy karena untuk menciptakan kesan yang elegan pada lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *